Pengantar Web Programming

 PENGANTAR WEB PROGRAMMING

Internet, website, halaman web, dan browser. Apakah Anda memahami keempat istilah tersebut? Bagi Anda yang sering berselancar di browser (peramban), tentu tidak asing lagi dengan keempat istilah tersebut. Dalam pekerjaan di bidang apa pun, termasuk pelajar, mencari informasi di internet (web) merupakan hal yang sangat mudah dan efektif. Bahkan, saat ini banyak website yang sangat membantu pekerjaan manusia agar semakin produktif. Contoh yang sangat dekat dengan kita adalah aplikasi penyusun jadwal acara dengan Google Calendar. Sudahkah Anda mencobanya?

Pernahkah Anda bertanya-tanya berapa jumlah angka pengguna internet di Indonesia? Berdasarkan laporan dari Simon Kemp di datareportal.com, angka yang menunjukkan jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 212,9 juta dari total populasi sebesar 276,4 juta di bulan Januari 2023. Ini merupakan angka yang sangat tinggi dan kebutuhan akan internet pun semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Bagi Anda yang sedang memasuki dunia web development, tentu levelnya sudah bukan user biasa lagi. Derajat Anda akan meningkat dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan website yang andal. Website memiliki peran yang sangat tinggi bagi banyak sektor dalam kehidupan manusia. Misalnya, dalam sektor bisnis, website dapat meningkatkan angka konsumen dengan mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan.

Pada beberapa materi berikutnya, Anda akan berkenalan dan memahami cara internet bekerja, pengertian website dan halaman web, web browser beserta cara kerjanya, web server, dan anatomi halaman website. Ini merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh para web developer. Jika tidak demikian, rasanya kurang pas, bukan?

 

Pengantar pemrograman web adalah langkah pertama dalam mempelajari cara membuat situs web dan aplikasi web. Ini melibatkan penggunaan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript untuk membuat halaman web interaktif dan dinamis.

  • HTML (Hypertext Markup Language) digunakan untuk membuat struktur dasar halaman web, seperti teks, gambar, dan link.

  • CSS (Cascading Style Sheets) digunakan untuk mempercantik tampilan halaman web dengan mengatur tata letak, warna, dan gaya elemen HTML.

  • JavaScript memungkinkan Anda menambahkan interaktivitas ke dalam halaman web, seperti efek animasi, validasi formulir, dan respons terhadap interaksi pengguna.

Selain itu, untuk memahami dasar-dasar pemrograman web, Anda juga perlu memahami konsep-konsep dasar seperti HTTP (Hypertext Transfer Protocol), URL (Uniform Resource Locator), dan cara kerja server web.

Ini adalah langkah awal yang sangat penting dalam perjalanan Anda untuk menjadi seorang pengembang web yang baik. Mulai dari sini, Anda dapat melanjutkan untuk mempelajari kerangka kerja (framework) web seperti React, Angular, atau Vue.js, serta mempelajari bahasa pemrograman back-end seperti Python, Node.js, atau PHP untuk membuat aplikasi web yang lebih kompleks dan dinamis.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PHP (Hypertext Pre-processor)

Pengenalan HTML

Type Data (Integer, float, Boolean, String, Array, Tuple, Dictionary, Set, None, Custom Types dll)